Jumat, 12 April 2013

6 Tehnik Dasar Wajib Sepakbola

6 Tehnik Dasar Sepakbola Yang Wajib Dikuasai

Oleh Jhekos

Memiliki pengetahuan dan kemampuan atau tehnik dasar dari sebuah pekerjaan dalam bidang apapun tentu menjadi sesuatu yang sangat penting, apalagi jika jita berniat atau memiliki tujuan untuk menjadi seorang yang ahli dalam pekerjaan tersebut. Begitu pula haknya dengan bermain sepakbola, jika kita bermain sepakbola dalam sebuah tim dan kita tidak menguasai tehnik dasar sepakbola kita mungkin hanya akan menjadi pelengkap saja dalam tim tersebut, dan tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi pada diri kita.

Berikut ini saya akan coba merangkum tentang 6 tehnik dasar yang wajib kita kuasai dalam bermain sepakbola, saat kita menguasai ke-6 tehnik dasar dibawah ini saya menjamin bahwa sobat semua gak bakalan jadi sekedar pelengkap dalam tim sepakbola sobat. Oke langsung aja ya sob silahkan dinikmati :D

1. Menendang Bola

Menendang bola adalah hal yang paling dasar dalam bermain sepak bola selain berlari mengejar bola tentunya. Ada beberapa tehnik dalam menendang bola, yang paling dasar menendang bola dibedakan menjadi dua cara yaitu:
- Menendang menggunakan kaki bagian dalam
Tehnik menendang bola ini yang paling dasar dan paling mudah untuk dilakukan, contoh pemain kelas dunia yang sangat menguasai tehnik tendangan ini adalah David Beckham yang terkenal dengan tendangan pisang nya.

Untuk melakukan tehnik ini pertama-tama sikap tubuh sobat harus dalam keadaan siap dan memiliki awalan atau jarak antara bola dan sobat, jarak terbaik adalah 2-3 meter. Saat melakukan tendangan pastikan kaki tumpuan (jika sobat menendang dengan kaki kanan maka kaki kiri sobat merupakan kaki tumpuannya) berada tepat disamping bola dengan jarak ideal 20-30 cm. Jika sobat ingin tendangan sobat tidak terlalu tinggi, pada saat melakukan tendangan posisikan tubuh sobat condong kedepan dan jika ingin menghasilkan tendangan tinggi condongkan posisi tubuh sobat kebelakang pada saat sobat menendang bola.

- Menendang bola dengan kaki bagian luar (Punggung kaki)
Pada dasarnya tehnik tendangan ini sangat mirip dengan tehnik menendang bola dengan kaki bagian dalam, hanya saja pada tehnik ini bola ditendang oleh punggung kaki. Salah satu pemain sepakbola yang sangat baik dalam melakukan tendangan dengan tehnik ini adalah Roberto Carlos.



Cara berlatih: Tehnik ini bisa sobat latih dengan hanya seorang diri, yang sobat perlukan hanyalah sebuah lapangan bola dengan tiang gawang dan tentunya sebuah bola standart. Lakukan tendangan dari titik tengan lapangan dengan sasaran gawang, jika sobat berhasil menendang bola dengan tehnik diatas dengan bola masuk kedalam gawang dari titik tengah lapangan tanpa menyentuh tanah terlebih dahulu maka sobat telah berhasil menguasai tehnik menendang bola tersebut.

2. Menggiring Bola (Driblling)

Seperti halnya tehnik tendangan dalam tehnik driblling pun dibagi menjadi dua yaitu driblling menggunakan kaki bagian dalam dan driblling menggunakan kaki bagian luar. Pada era sekarang pemain yang boleh dibilang "Dewa" dalam hal menggiring bola atau driblling ada dua (Menurut opini saya sendiri :D ) siapa lagi kalo bukan CR7 dan pesaingnya Lionel Messi.


Cara melakukan tehnik ini sangat sederhana namun begitu tehnik ini membutuhkan konsentrasi, karena pada tehnik ini sobat akan menggabungkan dua tehnik dasar yaitu berlari dan menendang bola secara pelan sehingga bola masih berada dalam jangkauan. Saat melakukan tehnik ini yang perlu diperhatikan adalah posisi kuda-kuda kedua kaki tidak boleh dalam posisi sejajar, dan sikap tubuh saat driblling pun sebaiknya condong kearah mana kita akan menggiring bola baik itu kedepan ataupun kesamping.


Cara berlatih: Susun 5-6 rintangan (Kalo gak ada pake batu bata juga bisa) secara lurus dengan jarak 1-1,5 meter (usahakan tidak terlalu lebar), lalu lakukan gerakan driblling secara zig-zag melewati rintangan-rintangan tersebut. Usahakan tidak mencampur tehnik menggiring bola, jika sobat melakukan dengan tehnik menggiring bola dengan kaki bagian dalam, lakukan tehnik tersebut hingga selesai kemudian pada saat pengulangan baru lakukan driblling bola dengan kaki bagian luar.

3. Mengumpan Bola (Passing)

Inti dari tehnik passing adalah menendang bola dengan sasaran atau target pemain lainnya, dengan begitu untuk bisa menguasai tehnik passing sobat harus sudah bisa mengontrol kekuatan tendangan agar bola yang sobat tendang tepat pada target. Pada realita dilapangan tehnik passing bisa dilakukan dengan berbagai cara, jadi untuk bisa menguasai tehnik passing yang terpenting adalah sobat paham maksud dan tujuan tehnik ini.

Tehnik passing paling dasar memang hanya ada 2 yaitu passing dengan menggunakan kaki bagian dalam dan passing dengan menggunakan kaki bagian luar, namun seiring dengan tumbuhnya kreativitas para pemain bola saat ini passing bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan gaya, salah satu pemain yang sering kali melakukan passing dengan tehnik yang sering kali mengecoh lawan adalah CR7.

Cara berlatih: Idealnya untuk berlatih tehnik passing memang dibutuh kan dua orang pemain agar bisa lebih berinteraksi. Untuk memulai latihan tehnik pastikan posisi berdiri sobat saling berhadapan dengan teman berlatih sobat dengan jarak 4-6 meter, sambil lari ditempat secara perlahan tendang bola kearah teman sobat. Saat menendang bola kekuatan dan ketepatan tendangan merupakan kunci keberhasilan tehnik ini.

Usahakan bola tetap berada ditanah (tidak memantul-mantul) saat tendangan dilakukan (usahakan saat melakukan tendangan kaki mengenai pas bagian tengah bola agar bola tidak memantul), variasi lain dari latihan ini adalah dengan menambahkan tehnik berlari sambil menggiring bola dengan satu sentuhan lalu umpan/passing. Sobat pun bisa melakukan latihan ini hanya dengan seorang diri saja, caranya adalah dengan menggunakan media tembok untuk memantulkan kembali bola yang sobat tendang.

4. Menahan Bola (Stop Ball)

Ada beberapa bagian tubuh yang bisa digunakan untuk melakukan tehnik ini antara lain adalah kaki, paha dan dada. Tujuan dari tehnik ini adalah meredam laju bola, dan kunci dari keberhasilan tehnik ini ayunan anggota badan kita yang akan digunakan untuk menahan bola searah datangnya bola.

Cara berlatih: Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, latihan tehnik ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang. Posisi berdiri sama dengan cara berlatih passing, satu orang sebagai pengumpan, agar lebih mudah sebaiknya saat mengumpan dilakukan dengan lemparan tangan tidak perlu ditendang. Saat bola datang tahan bola dan kembalikan bola dengan passing dengan target pengumpan tadi. Saat berlatih menahan bola diudara dengan dada ataupun paha, sebaiknya setelah bola berhasil ditahan passing bola kembali pada pengumpan tanpa menyentuh tanah terlebih dahulu.

5. Menyundul Bola (Heading)

Sebagian besar pemain sepakbola yang ahli dalam mengaplikasikan tehnik ini adalah pemain belakang dan striker, karena mereka akan selalu berkesempatan untuk menghalau ataupun memanfaatkan umpan-umpan silang dihadapan gawang. Pada era 90an para pemain sepakbola dari negara Jerman terkenal akan tehnik heading yang sangat ditakuti lawan-lawan tandingnya.

Kekuatan, ketepatan dan timing merupakan kunci keberhasilan tehnik ini, selain itu tehnik ini pun membutuh kan tehnik lainnya yaitu melompat. Tehnik melompat yang baik bisa memberikan tambahan kekuatan pada sundulan sobat.


Cara berlatih: Latihan tehnik ini membutuhkan dua orang, sama seperti latihan menahan bola salah seorang bertugas sebagai pengumpan. Pengumpan akan melemparkan bola keudara dengan ketinggian 0,5-1 meter lebih tinggi dari tinggi badan sobat sebagai orang yang akan melakukan heading, Sebelumnya sobat lari ditempat saat bola dilemparkan maju 1-2 langkah kedapan untuk awalan sebagai lompatan (ini juga berfungsi untuk melatih timing) lalu heading bola kembali pada pengumpan. Setelah berhasil melakukan heading mendur kembali keposisi semula dan ulang kembali.

6. Kekuatan Fisik


Kekuatan fisik merupakan tehnik atau faktor terpenting untuk menunjang semua tehnik sepakbola dalam sebuah pertandingan, jika sobat memiliki kekuatan fisik yang baik maka untuk bisa melakukan tehnik-tehnik lainnya dalam sebuah permainan sepakbola aka menjadi lebih mudah dan maksimal. Faktor kekuatan fisik sering kali menjadi "kambing hitam" kekalahan sebuah tim sepakbola atas sebuah pertandingan, apalagi jika pertandingan tersebut dilaksanakan pada kondisi cuaca yang tidak begitu familiar.

Cara berlatih: Cara termudah melakukan latihan ini adalah lari beberapa keliling lapangan sepak bola sebelum sobat akan berlatih sepakbola, namun sebaiknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal latihan kekuatan fisik dilakukan pada waktu yang berbeda dengan latihan tehnik atau permainan.  Biasanya jika latihan fisik dilakukan dilapangan tempat kita biasa bermain sepakbola akan terasa sedikit membosankan, karena saat berlatih kekuatan fisik sebaiknya tidak usah membawa bola.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal latihan kekuatan fisik dilakukan minimal satu minggu sekali, dan itu harus dilakukan dilaur jadwal latihan lainnya. Tujuan dari latihan kekuatan fisik adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik kita agar bisa selalu prima dalam 2x45 menit pertandingan sepakbola, jadi lakukan latihan kekuatan fisik ini secara meningkat namun bertahap. Sebagai contoh satu bulan kan ada 4-5 minggu berarti jadwal sobat berlatih kekuatan fisik pun sama 4-5 kali dalam satu bulan, pada bulan pertama lakukan latihan kekuatan fisik dengan berlari selama 30 tanpa henti dan baru pada bulan kedua tingkatkan menjadi 45 menit dan begitu seterusnya hingga minimal sobat bisa berlari selama 90 menit tanpa henti.


Untuk mengatasi faktor kejenuhan dengan berlatih kekuatan fisik dilapangan, lakukan latihan kekuatan fisik dengan berlari cross country namun dengan ketentuan yang sama. Jika sobat memiliki kekuatan fisik untuk tetap berlari selama 90 menit atau lebih, hal ini bukan saja baik bagi penguasaan tehnik lainnya namun yang terpenting adalah kondisi badan sobat pun pasti akan terasa lebih segar dan sehat. Dan terakhir SEBELUM SOBAT BERLATIH BIASAKAN UNTUK MELAKUKAN PEMANASAN dengan melenturkan beberapa bagian tubuh penting seperti persendian-persendian, dan pelemasan otot-otot agar CEDERA AKIBAT BERLATIH tidak akan sobat dapatkan.

Sekian, semoga bermanfaat :)
Postingan lainnya  Duel-Duel Terdasyhat LUFFY SI TOPI JERAMI (One Piece)
Jhekos Area
JHEKOS AREA Updated at: Jumat, April 12, 2013

Tidak ada komentar :

Posting Komentar