Senin, 13 Agustus 2012

5 Daftar Tempat Wisata Dalam Negeri

5 Daftar Tempat Wisata Dalam Negeri

Oleh Jhekos
Daftar tempat wisata, baru dua hari saya ikutan kuis di www.indonesia.travel langsung kepikiran buat bantuin promoin tempat-tempat wisata di Indonesia yang ternyata ga kalah menarik, unik, indah dan eksotis dibanding tempat-tempat wisata diluar negeri. Dipostingan kali ini saya mau coba kasih gambaran daftar beberapa tempat wisata dari dalam negeri sendiri, untuk kesempatan kali ini saya kasih 5 dulu ya… :D

Daftar Tempat Wisata – Candi Kimpulan (Sleman – D.I.Y

Tidak seperti Candi Prambanan yang merupakan candi kerajaan yang megah serta berukir indah dan mewah, Candi Kimpulan atau Candi Pustakasala adalah candi sederhana yang dibangun masyarakat desa di pinggiran ibukota kerajaan. Candi ini berukuran kecil dan sederhana ukirannya dengan ruang dalam terdapat arca Ganesha, Nandi, dan Lingga-Yoni.

Candi Kimpulan tergolong unik karena struktur bangunannya merupakan kombinasi batu dan kayu. Arca yang ditemukan juga memiliki desain yang berbeda dengan desain-desain arca Ganesha di candi lain. Saat ditemukan, candi ini merupakan penemuan arkeologi yang paling menarik di Yogyakarta. Bahkan menimbulkan spekulasi mengenai kemungkinan adanya candi-candi lain yang masih terkubur oleh lahar dan debu vulkanik Gunung Merapi sekitar sekitar seribu tahun yang lalu bersama candi lainnya seperti Candi Sambisari, Candi Morangan, dan Candi Kedulan.

Candi Kimpulan ini tergolong candi yang unik dan baru satu-satunya di Indonesia. Dari segi tata ruang, candi ini memiliki satu candi perwara di depan candi induk dimana umumnya di depan candi induk selalu terdapat 3 candi perwara.

Di candi bercorak Hindu Siwaistik ini terdapat arca ganesha yang berdekatan dengan lingga yoni dan terletak dalam satu candi induk. Ini sangat unik. Kompleks Candi Kimpulan merupakan candi Hindu, terdiri dari atas dua buah candi perwara terbuat dari batu andesit dimana masing-masing menghadap ke timur dan barat. Candi perwara yang menghadap ke barat tidak mempunyai bilik. Rencananya candi akan berdiri berada di lantai dasar dan berada di depan perpustakaan. Ditemukan pula kotak batu yang berisi lempengan emas dan perak bertuliskan mantera Hindu.



Daftar Tempat Wisata – Keajaiban Alam, Budaya dan Sejarah Kota Semarang


Semarang adalah kota metropolis yang berkembang dengan banyak keajaiban alam dan sejarah yang patut untuk dijelajah. Ibu kota provinsi Jawa Tengah ini, terletak di Pantai Utara Jawa dan merupakan pelabuhan utama di sepanjang pesisir Pantai Utara. Sejarah mengatakan bahwa kota ini adalah sebuah kota dengan situs sejarah dan budaya yang banyak, monumen kolonial kuno masih berdiri dengan bangga di seluruh kota sampai saat ini.
Posisinya yang terletak di laut Jawa, yang merupakan posisi strategis bagi perdagangan dunia, telah membuat kota ini menjadi wadah pencampuran budaya dan etnis dari Asia Timur dan Eropa. Semarang: Menjelajahi Keajaiban Alam, Budaya dan SejarahBerkeliling di masa peradaban Cina dan di daerah komersial Belanda, dan Anda akan melihat pengaruh budaya yang berbeda di seluruh bagian kota.

Daftar Tempat Wisata – Pantai Tanjung Lesung (Banten

Hampir di setiap daerah di Nusantara terdapat pantai indah baik yang sudah banyak tersohor maupun yang belum banyak dikenal. Apabila sebelumnya saat berkunjung ke Banten memilih Pantai Anyer atau Pantai Carita maka kali ini mengapa tidak Anda berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung.
Di sini pemandangan pantainya tidak kalah memukau dengan air lautnya bak danau yang luas serta perbukitan yang tidak begitu curam. Kini Pantai Tanjung Lesung dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Banten.

Ketika berada di pantai ini Anda akan merasa seperti berada di Bali karena pantainya memang mirip di Pulau Dewata. Selain kawasan pantainya yang masih bersih dan alami, Pantai Tanjung Lesung juga menawarkan hamparan pasir putih bak permadani. Kawasan Pantai Tanjung Lesung sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu.

Pantai Tanjung Lesung juga cocok untuk wisata keluarga. Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk berwisata di pantai ini. Anak Anda pasti senang berenang dan bermain pasir di pinggir pantai sembari Anda mengabadikan momen tersebut dengan kamera. Anda juga bisa belajar cara mentransplantasikan terumbu karang di lokasi konservasi yang ada di tengah lautnya.

Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Tanjung Lesung adalah berikut ini:
Masuk pantai Rp 15.000
Parkir Mobil Rp 8.000
Parkir Motor Rp 4.000

Daftar Tempat Wisata – Taman Laut 17 Pulau Riung, Ngada (Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur

Salah satu yang memukau dari alam Ngada adalah Taman Laut 17 Pulau Riung. NgadaTaman Laut 17 Pulau Riung merupakan gugusan pulau-pulau yang besar dan kecil terhampar memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar di sebelah Timur.

Lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung berada di Kecamatan Riung yang meliputi lima desa, yaitu: Sambinasi, Nangamese, Benteng Tengah, Tadho dan Lengkosambi. Akan tetapi, apa yang menunggu di sana nantinya adalah keelokan yang “memukau” sanggup membuai siapapun.

Riung seperti kota kecamatan yang tak mau disentuh keramaian. Nyatanya, memang demikian karena akses yang begitu jauh dan menantang, melewati bukit berlipat-lipat yang juga hampir melebihi kata “memukau”. Masyarakat pesisir pantai Riung  dihuni masyarakat Oting Bajo yang sebagian besar terkenal sebagai penghuni lautan di Nusantara.

Mereka tak banyak memperlihatkan diri selain di lingkungan perumahan di tepi pantai dan area dermaga Riung yang sunyi. Kawasan ini merupakan kumpulan pulau-pulau kecil yang terdiri dari 20 lebih pulau yang indah.

Nama pulau-pulau yang ada di sini adalah: Pulau Ontoloe (terbesar), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Tampa atau Pulau Tembang), Pulau Tiga (Pulau Panjang), Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire.

Ada beragam hewan khas yaitu: komodo, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, landak, rusa timor, kuskus, buaya, elang, bluwok, bangau putih, burung nuri, tekukur, burung wontong atau burung gosong, dan kelelawar bangau hitam, dan burung perkici dada kuning.

Di bawah lautnya Anda akan menemukan mawar laut melambai-lambai memesona. Apa yang Anda nanti lihat itu sebenarnya merupakan kumpulan telur kelinci laut raksasa yang terikat oleh lendir dan membentuk rumbaian berwarna merah menyala.

Daftar Tempat Wisata – Bukittinggi (Sumatera Barat)

Bukittinggi adalah nama sebuah kota yang terletak di bagian utara Provinsi Sumatera Barat. Kota Bukittinggi akan memukau hati Anda, dengan ketinggian 904-941 meter di atas permukaan laut menjadikan udara bukit tinggi jadi terasa sangatlah sejuk.

Bukittinggi merupakan pusat kebudayaan Sumatra Barat, terletak di dataran tinggi sebelah utara Padang di bukit Agam. Berbeda dengan Padang yang merupakan pusat roda pemerintahan dan perdagangan modern maka Bukittinggi adalah kota yang tenang dihiasi oleh panorama alam yang sungguh tiada duanya.

Lembahnya yang sangat terkenal adalah Ngarai Sianok dengan kedalaman 100 M dan kemiringan antara 800 – 900 adalah salah satu daya tarik kota Bukittinggi dijadikan sebagai kota wisata. Kota Bukittinggi memiliki nama lain yaitu Tri Arga yang artinya tiga pegunungan agung yang memberikan keberuntungan.

Walau di Bukittinggi sering hujan, hal tersebut tidak mencegah para wisatawan untuk datang ke kota yang banyak disebut orang sebagai kota paling ramah di pulau Sumatra. Banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi Ngarai Sianok yang mengagumkan, jurang batu besar diselimuti pepohonan yang tumbuh di atasnya dan pegunungan sekitar secara dramatis menjadikan ngarai ini pemandangan yang sangat memikat hati.

Itulah 5 daftar tempat wisata dalam negeri yang bisa saya referensikan buat sobat semua yang lagi bingung mau liburan kemana :D. Negeri kita tercinta ini luas sob, masih banyak tempat yang wajib dan harus kita jaga dan lestarikan, bukankah jika kita baik pada alam maka alam pun akan baik terhadap kita :).

Sumber: www.indonesia.travel
Jhekos Area
JHEKOS AREA Updated at: Senin, Agustus 13, 2012

Tidak ada komentar :

Posting Komentar