Sabtu, 22 Juni 2013

7 Manfaat Puasa bagi kesehatan Tubuh

7 Manfaat Puasa bagi kesehatan Tubuh Manusia

1. Puasa Dapat Memicu Proses Peremajaan Sel Kulit

Proses peremajaan sel kulit ini bisa terjadi karena dengan berpuasa cadangan energi yang dimiliki manusia atau sering disebut Glikogen dapat bekerja dengan maksimal. Cadangan energi pada manusia kurang lebih bisa bertahan selama 25 jam, saat tubuh tidak mendapat suplai makanan dari luar maka cadangan gizi/energi inilah yang akan dibakar menjadi energi.


Organ-organ tubuh seseorang akan melepaskan/mengeluarkan cadangan energi yang dimilikinya, pada saat seseorang tersebut berpuasa. Proses peremajaan sel itu sendiri adalah peristiwa dimana dikeluarkannya cadangan energi yang tersimpan dalam organ-organ tubuh, sehingga hal ini bisa melegakan pernafasan organ-organ tubuh tersebut beserta sel-sel penyimpanannya. Dengan teremajakannya sel-sel tubuh, maka hal inilah yang bisa membuat kulit dan tubuh kita lebih sehat dan kebal terhadap penyakit.

2. Puasa Dapat Memicu Proses Detoksifikasi

Proses detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun yang terkandung dalam tubuh. Tanpa kita sadari beberapa jenis makanan dan mengkonsumsi makanan secara berlebih bisa berakibat buruk, bahkan diantara makanan tersebut bisa saja mengandung racun yang merugikan bagi tubuh kita.


Akhir-akhir ini istilah detoksifikasi semakin populer khususnya bagi para kaum hawa, selain untuk mengeluarkan racun yang terkandung dalam tubuh proses detiksifikasi yang dilakukan secara benar juga dapat bermanfaat untuk mengontrol berat badan atau diet. Belakangan ini bahkan ada juga istilah Diet Detoksifikasi, jenis diet ini banyak dianjurkan oleh para ahli gizi dan inti dari proses diet ini adalah dengan melakukan puasa.

Para ahli gizi dari Rusia mengatakan bahwa puasa merupakan penemuan terbaik bagi kesehatan, hal itu terkait bahwa dengan berpuasa banyak sekali manfaat baik yang akan diperoleh oleh tubuh dan salah satunya adalah proses detoksifikasi. Untuk bisa menerapkan atau memicu proses detoksifikasi saat kita berpuasa adalah mudah, yaitu perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka dan yang terpenting saat berbuka puasa janganlah mengkonsumsi makanan secara berlebihan (makanan yang kurang baik). Terakhir perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan pada saat sahur dan berbuka.

3. Puasa Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Penyaki Jantung Koroner, Hipertensi, Hipertensi Jantung dan Stroke adalah beberapa contoh jenis penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit-penyakit ini saat ini telah menjadi penyebab tertinggi kematian diseluruh dunia. Banyak para pakar dan ahli dalam bidang penyakit jantung dan pembuluh darah berpendapat untuk mengobati penyakit ini cara yang paling baik adalah dengan mencegahnya.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa1, dan penurunan LDL dan ternyata  hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan berpuasa kita akan lebih mudah untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan juga mengendalikan tekanan darah, hal ini dimungkinkan karena saat kita berpuasa konsumsi makanan yang berlemak akan lebih berkurang dan ini jelas akan bermanfaat sangat baik sekali.

4. Puasa Dapat Menurunkan kadar lemak

Seperti penjelasan pada point 2 (tentang Diet Detosifikasi) diatas, dengan berpuasa kita bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Tapi dengan catatan saat berbuka puasa tidak mengkonsumsi makanan secara berlebih, selain tidak menurunkan kadar lemak hal itu pun akan berpengaruh tidak baik bagi kondisi tubuh kita saat kita harus menjalankan ibadah lainnya selepas berbuka puasa.

Para ahli dan dokter berpendapat bahwa berpuasa akan melatih seseorang, untuk hidup teratur, serta mencegah kelebihan makan. Maka dari itu lakukanlah puasa secara benar untuk bisa merasakan manfaatnya.

5. Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Organ Pencernaan

Berpuasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam. Jika berpuasa dilakukan secara benar, ternyata berbagai jenis penyakit dapat dikendalikan. Tidak ada seorang pun ahli medis baik muslim maupun non muslim yang meragukan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan bagi kesehatan manusia.

6. Puasa Dapat Menghambat proses Penuaan

Sebuah penelitian di Lousiana State University, Amerika Serikat, menemukan mekanisme puasa memicu gen yang mengatur kelangsungan hidup dengan melindungi sel-sel dalam tubuh. Saat berpuasa, gen tersebut melindungi tubuh dari radikal bebas yang mempercepat proses penuaan.

"Gen ini juga memperlambat proses penuaan dengan mengurangi risiko yang berkaitan dengan usia penyakit dan ancaman kesehatan. Dua penyebab penuaan seperti tanda peradangan dan stres oksidatif pun berkurang," kata Ketua penelitian, James Johnson.

7. Puasa Dapat Mengendalikan Nafsu Seks Dengan Lebih Baik

Jika kita berpuasa secara benar dan mengikuti segala perintah dan petunjuk-NYA, maka nafsu seks yang termasuk salah satu nafsu yang harus kita jaga dan kendalikan saat kita berpuasa akan lebih mudah teredam saat kita berpuasa. Untuk bisa mengendalikan sesuatu cobalah untuk berlatih mengendalikan sesuatu tersebut, dalam hal ini puasa senin-kamis sangat dianjurkan sebagai metode latihan.



Sumber : Berbagai sumber

Simak juga postingan lainnya 8 Tabrakan kereta api di indonesia yang merenggut korban jiwa
Jhekos Area
JHEKOS AREA Updated at: Sabtu, Juni 22, 2013

Tidak ada komentar :

Posting Komentar