Jumat, 20 April 2012

Candi Tinggi


Candi Tinggi

Oleh Jhekos

Candi Tinggi adalah salah satu bangunan candi yang terdapat dikawasan komplek percandian Muaro Jambi. Yang terdiri dari 1 bangunan induk, 6 bangunan pendukung dan pagar di sekeliling komplek candi tinggi. Komplek candi ini terletak di Timur Laut komplek candi Gumpung, pada koordinat 01*28'33.7"LS dan 103*40'07.3" BT.

Pada tahun 1934, seseorang bernama F.M. Schnitger adalah orang yang pertamakali berhasil menemukan dan menambahkan informasi tentang nama-nama candi lain dikawasan komplek Candi Muaro Jambi. Dan diantara nama-nama candi tersebut terdapat nama candi Tinggi.


Secara keseluruhan komplek bangunan candi telah mengalami pemugaran pada tahun 1980 hingga tahun 1982, yang terdiri dari bangunan induk berdenah Bujur sangkar berukuran 16m X 16m dengan tinggi 7,6m.

Menurut hasil penelitian arkeologi pada saat pemugaran, diketahui bahwa pada bangunan induk pernah dilakukan perluasan struktur bangunan. Struktur bangunan candi Tinggi yang lebih tua ditemukan masih tetap utuh pada bagian dalam bangunan, sedangkan bangunan yang lebih muda dibangun menutupi struktur bangunan yang lama seperti saat ini pada bangunan candi Tinggi.


Sedangkan bangunan pendukung berbentuk bujur sangkar terletak menyebar di timur laut, barat, barat daya dan selatan dari bangunan induk candi Tinggi. Keadaan sekarang dari bangunan tersebut yang tersisa hanyalah bagian pondasi serta sedikit bagian kaki. Sedangkan gapura masuk berada dipagar sisi timur, serta sebuah gapura yang lebih kecil lagi berada dipagar sisi barat dari bangunan candi Tinggi.

Baca juga artikel terkait lainnya tentang Candi Muaro Jambi
Jhekos Area
JHEKOS AREA Updated at: Jumat, April 20, 2012

Tidak ada komentar :

Posting Komentar