Sabtu, 26 Mei 2012

Grup-B Piala Eropa 2012

Peta Kekuatan Grup-B Piala Eropa 2012


Oleh Jhekos

Grup-B Piala Eropa 2012 - Belanda, Denmark, Jerman dan Portugal, itulah empat tim besar yang akan memperebutkan dua tiket dari Grup-B Piala Eropa 2012 menuju babak selanjutnya di putaran final Piala Eropa 2012. Dari ke empat tim tersebut hanya Potugal yang belum pernah menjadi juara pada turnamen ini, dan sebagai mantan juara Belanda (1988), Jerman (1972, 1980, 1996) dan Denmark (1992) tentu tidak akan menganggap remeh kekuatan Portugal yang pernah menjadi runner-up pada 2004. Sehingga bukan berlebihan jika sebutan Grup neraka pantas disandang oleh Grup-B Piala Eropa 2012.

Belanda di Grup-B Piala Eropa 2012


Dengan julukan sebagai tim spesialis runner-up pada perhelatan piala dunia hal ini tidak membuat Belanda pesimis pada perhelatan Piala Eropa kali ini. Dengan bermaterikan para pemain muda berpengalaman seperti Robin Van Persie digabung dengan para pemain senior berpengalaman seperti Arjen Robben, Belanda siap bertarung dan merebut tiket keputaran selanjutnya dari kontestan lainnya di Grup-B Piala Eropa 2012.

Seakan telah memulai genderang perang pelatih tim nasional Belanda Bert van Marwijk mengatakan bahwa
pertandingan melawan Jerman dan Portugal tidak lebih penting dibanding dengan pertandingan pertamanya melawan Denmark, Perang psikologis melalui kata-kata ini menandakan betapa panasnya persaingan di grup ini. Dengan sedikit informasi tentang hal itu tentu kita akan sangat tertarik untuk bisa menyaksikan langsung persaingan sebenarnya dari lapangan hijau di Grup-B Piala Eropa 2012.


Denmark di Grup-B Piala Eropa 2012


Satu-satunya kekuatan tim Denmark adalah kolektifitas dan kekompakan dari para pemain didalam lapangan, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa Denmark dan Jerman merupakan dua tim dari grup ini yang memiliki julukan tim spesialis turnamen. Hadir di Piala Eropa 2012 sebagai juara grup saat babak penyisihan di Grup H, merupakan suatu jaminan bahwa "The Dynamit Denmark" bisa saja membuat ledakan kejutan pada Piala Eropa kali ini. Dan predikatnya sebagai juara Eropa tahun 1992 perjuangan Denmark di Grup-B Piala Eropa 2012 akan sangat layak untuk dinantikan.

Morten Olsen sendiri sebagai pelatih tim nasional Denmark mengungkapkan bahwa semangat para pemain baru yang sekarang menghuni tim nasional Denmark adalah kekuatan sesungguhnya tim ini. Ditambah dengan pengalaman yang dimiliki beberapa pemain senior seperti Nicklas Bendtner dan Dennis Rommedahl, tim nasional Denmark berkeinginan memberikan sesuatu yang istimewa pada perhelatan Piala Eropa 2012, dan tentu sebelumnya mereka harus memperebutkan dua tiket ke babak selanjutnya di Grup-B Piala Eropa 2012.


Jerman di Grup-B Piala Eropa 2012


Jerman merupakan tim yang memiliki koleksi Piala Eropa terbanyak, setelah mereka berhasil tiga kali menjadi juara pada tahun  1972, 1980 dan tahun 1996. Julukan sebagai tim spesialis turnamen pun selalu melekat pada tim ini, dan tidak hanya pada Piala Eropa saja, pada kelas yang lebih tinggi seperti Piala Dunia mereka pun berhasil membuktikan hal itu. Untuk Piala Eropa kali ini memang Jerman tergabung dalam Grup yang cukup sulit, namun hal ini justru dijadikan suatu keuntungan bagi mereka, dimana jika mereka berhasil melewati fase Grup ini maka mereka pun telah berhasil menguji kemampuan mereka dan akan lebih percaya diri untuk menghadapi pertandingan-pertandingan pada babak selanjutnya.

Seakan membalas perang psikologis melalui kata-kata yang dilontarkan oleh Bert van Marwijk pelatih tim nasional belanda, Joachim Löw pelatih tim nasional Jerman mengatakan bahwa pertandingan melawan Belanda akan selalu menjadi pertandingan yang spesial dan kami pun sangat menantikan pertandingan tersebut. Kepercayaan diri tersebut memang sangat pantas dimiliki oleh Juara 3 kali Piala Eropa ini. Dan dengan bermaterikan para pemain yang telah teruji pada Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, Jerman akan menjadi lawan yang sangat berat bagi tim mana pun yang ingin mendapatkan tiket ke babak selanjutnya di Grup-B Piala Eropa 2012.

Portugal di Grup-B Piala Dunia 2012


Jika ada tim yang bisa dikategorikan sebagai tim kuda hitam di Grup-B Piala Eropa 2012 mungkin julukan tersebut layak diberikan pada tim nasional Potugal. Portugal pada babk penyisihan berada satu grup dengan Denmark di Grup H, dan Portugal harus puas finish dibawah Denmark pada babak penyisihan Grup H. Memang faktanya Portugal berhasil mengalahkan Denmark di Lisbon dengan skor 3-1, namun pada pertandingan tersebut Debmark telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2012. Namun hal ini tidak berpengaruh bagi bintang Portugal Christian Ronaldo yang menyatakan bahwa dirinya dan seluruh pemain lainnya siap memberikan yang terbaik bagi Portugal untuk bisa meraih tiket ke babak selanjutnya di Grup-B Piala Eropa 2012.

sementara Paulo Bento pelatih tim nasional Portugal sendiri mengungkapkan bahwa bukan pekerjaan yang mudah untuk bisa membawa Portugal lolos kebabak selanjutnya pada putaran final Piala Eropa kali ini. Berada satu tim dengan Belanda yang merupakan finalis Piala Dunia 2010, Denmark yang menjadi juara grup H pada saat babak penyisihan grup dan Jerman yang memiliki banyak gelar baik di Eropa mau pun Dunia jelas merupakan tantangan tersendiri ungkap Paulo Bento. Namun dengan grafik performa yang meningkat yang diperlihatkan oleh Ronaldo dan pemain lainnya bisa menjadi ancaman tersendiri, dan itu adalah modal penting yang harus mereka manfaatkan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya di Grup-B Piala Eropa 2012.


Jhekos Area
JHEKOS AREA Updated at: Sabtu, Mei 26, 2012

Tidak ada komentar :

Posting Komentar