Kamis, 24 Mei 2012

Grup A Piala Eropa 2012

Peta Kekuatan Grup A Piala Eropa 2012

Oleh Jhekos

Grup A piala eropa 2012 merupakan grupnya tim-tim kuda hitam, grup ini dihuni oleh tim-tim yang sering sekali membuat kejutan pada setiap keikutsertaannya di turnamen antar negara paling bergengsi di benua Eropa ini. Tim-tim unggulan seperti Potugal, Italia, Perancis dan yang lainnya adalah sedikit korban keganasan kejutan mereka. Dengan menjadi tim yang tidak diunggulkan membuat tim-tim yang ada di grup ini selalu tampil tanpa beban dengan penuh semangat dan determinasi yang tinggi, dan jelas semangat itu akan ternampak jelas pada persaingan di Grup A Piala Eropa 2012.

Grup ini di huni oleh Polandia, Yunani, Rusia dan Ceko, tentunya Polandia sebagai tuan rumah tentu menjadi unggulan untuk bisa lolos dari Grup A Piala Eropa 2012. Namun hal itu bukan suatu jaminan bahwa Polandia bisa lolos dengan mudah dari grup ini, mengingat Yunani, Rusia dan Ceko bukanlah tim yang bisa diremehkan Selain itu ketiga tim tersebut pun diperkuat oleh pemain-pemain hebat yang bermain diberbagai liga ternama di eropa seperti liga Inggris, Spanyol, Itali dan juga Liga Jerman. Dengan fakta seperti itu tentu menarik untuk kita saksikan persaingan pada Grup A Piala Eropa 2012.

Polandia Di Grup A Piala Eropa 2012

Dengan bermain sebagai tuan rumah Piala Eropa 2012, tentu Polandia akan sangat diuntungkan oleh dukungan yang maksimal dari para pendukungnya. Mengingat babak putaran final Piala Eropa kali ini merupakan penampilan yang kedua bagi POlandia, setelah debutnya pada putaran final di tahun 2008. Pada putaran final sebelumnya Polandia hanya bisa berbicara di fase grup saja, namun untuk putaran final kali ini mereka mungkin akan sangat diuntungkan dengan posisinya sebagai tuan rumah, dan tergabung dalam grup dimana semua timnya memiliki kekuatan yang relatif seimbang.

Polandia sebagai tuan rumah berhak mendapatkan tiket langsung putaran final tanpa harus mengikuti babak kualifikasi, tentu hal ini bisa berdampak baik dan juga bisa berdampak tidak baik karena kurang teruji permainannya. Namun dengan berhasil mengalahkan Pantai Gading, Norwegia dan Argentina pada pertandingan uji coba yang mereka lakukan tentu bisa membuktikan bahwa mereka memang layak untuk ikut serta dalam putaran final dan berada di Grup A Piala Eropa 2012.


Namun kekalahan 2-0 dari lithuania pada saat mereka beruji coba bisa sedikit menjadi batu sandungan, dan hal itu pun diakui oleh pelatih timnas Polandia Franciszek Smuda. "Kami memang melakukan beberapa kesalahan pada pertandingan persahabatan melawan lituania, namun yang jelas kami akan 100% pada Juni 2012" Smuda menegaskan.

Yunani Di Grup A Piala Eropa 2012

Timnas Yunani merupakan sebuah tim yang fenomenal, publik sepakbola Eropa dikejutkan dengan keberhasilan Yunani merebut tahta tertinggi dipersepakbolaan Eropa pada tahun 2004 dengan mengalahkan tuan rumah Portugal 1-0. Keberhasilan itu mereka raih setelah pada perhelatan Piala Eropa empat tahun sebelumnya mereka bahkan tidak lolos ke putaran final. Dan kini mereka kembali menebar ancaman untuk menjadi yang terbaik di Eropa kembali, tidak terkalahkannya mereka selama babak kualifikasi merupakan suatu pertanda kejutan itu akan terjadi kembali di Grup A Piala Eropa 2012.

Krisis ekonomi yang terjadi di Yunani rupanya tidak berpengaruh pada semangat pasukan timnas mereka, seperti diungkapkan oleh pelatih timnas Yunani Fernando Santos "Ini semua kami dedikasikan untuk seluruh masyarakat Yunani, kami ingin memberikan mereka satu alasan untuk mereka tersenyum".


Rusia Di Grup A Piala Eropa 2012

Timnas Rusia memulai babak kualifikasi Piala Eropa 2012 dengan kekalahan 0-1 melawan slovakia dikandang, dan hal ini jelas sangat tidak diinginkan mereka. Namun setelah pada pertandingan selanjutnya mereka berhasil melumat Andora dengan enam gol tanpa balas, kepercayaan diri mereka semakin meningkat dan mereka pun berhasil memuncaki Grup B babak penyisihan Piala Eropa 2012. Namun ditengah hujan kritik dari para pendukung timnas Rusia, Dick Advocaat sebagai pelatih tim Rusia tetap fokus dan percaya bahwa Rusia akan menjadi lawan yang berat bagi tim mana pun di Grup A Piala Eropa 2012.

Jawara Piala Eropa tahun 1960 (masih Uni Sovyet) ini seolah membuktikan diri dengan keberhasilannya bangkit dari keterpurukan, dan siap membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik pada Piala Eropa 2012. Dengan modal sebagai semifinalis pada perhelatan Piala Eropa sebelumnya, dan sebagai pemuncak Grup B di penyisihan grup, Rusia datang ke Polandia dengan niat untuk menjadi lebih baik.


Ceko Di Grup A Piala Eropa 2012

Ceko adalah juara Piala Eropa tahun 1976 dan walau hanya sebagai runner up pada babak penyisihan Grup I, Ceko tentu bukanlah tim yang mudah untuk dihadapi di Grup A Piala Eropa 2012. Sama seperti halnya Polandia, Ceko pun mengalami kekalahan dari Lituania dan kekalahan itu pun menuai hujan kritik tajam dari para pendukungnya. Namun begitu pelatih timnas Ceko Michal BĂ­lek tetap merasa bangga dengan timnya, yang bisa kembali bangkit dari keterpurukan dan membuktikan diri dengan berhasil lolos ke Grup A Piala Eropa 2012, dan Ia pun merasa bangga bahwa dirinya merupakan bagian dari tim tersebut.

Dengan masih mengandalkan para pemainnya yang bermain diliga-liga Eropa seperti Milan Baros, Rocisky dan kiper Chelsea Petr Cech, Ceko percaya bahwa mereka akan berbicara lebih pada perhelatan Piala Eropa kali ini terutama bagi Petr Cech. Keberhasilan Chelsea memenangi partai final UEFA Champion Cup melawan Bayern Munchen melalui adu penalti merupakan modal yang sangat baik bagi Cech, hal ini bisa lebih meningkatkan kepercayaan dirinya dan jelas tim manapun sangat berharap untuk tidak beradu penalti untuk menentukan pemenang pertandingan melawan Ceko.

Jhekos Area
JHEKOS AREA Updated at: Kamis, Mei 24, 2012

Tidak ada komentar :

Posting Komentar