Selasa, 29 Mei 2012

Grup-C Piala Eropa 2012

Peta Kekuatan di Grup-C Piala Eropa 2012


Oleh Jhekos

Grup-C Piala Eropa 2012 juga merupakan grup yang lumayan sulit untuk semua tim yang tergabung didalamnya, Spanyol, Italia, Irlandia dan Kroasia tentu bukan nama tim nasional yang biasa-biasa saja. Dua diantaranya yaitu Spanyol dan Italia merupakan dua mantan juara, Spanyol pada tahun 1964 dan 2008 sedangkan Italia pada tahun 1968. Namun begitu bukan berarti mereka akan mudah untuk menghadapi Irlandia dan Kroasia. Iralndia dan Krosia termasuk dalam tim yang sering sekali membuat kejutan dalam setiap partisipasinya pada sebuah turnamen seperti Piala Eropa. Dan bukan tidak mungkin juga jika kejutan itu akan terjadi di Grup-C Piala Eropa 2012.

Spanyol di Grup-C Piala Eropa 2012

Sang juara dunia dan juara bertahan Piala Eropa ini tentu hadir di Grup-C Piala Eropa 2012 dengan kepercayaan diri yang cukup tinggi, datang sebagai juara Grup I pada babak penyisihan akan sedikit terganggu dengan ketidak ikut sertaannya Top Skor mereka selama babak penyisihan David Villa dikarenakan cedera. Namun dibawah kepemimpinan Vicente del Bosque dan sang kapten Iker Casillas serta komposisi tim yang menggabungkan para pemain muda dan senior, tim nasional Spanyol yakin jika mereka bisa mengulang prestasi mereka sebelumnya. Tentu mereka pun tidak akan menganggap kompetitor mereka di Grup-C Piala Eropa 2012 akan dengan mudah mereka hadapi.



Nama-nama pemain senior seperti Xavi Hernandez, Carlos Puyol dan tentu sang kapten Iker Casillas merupakan nama-nama yang memiliki jaminan kualitas yang sangat baik dan penting bagi tim ini. Satu-satunya kekhawatiran yang harus mereka hilangkan adalah, tidak terulangnya kembali kenangan pada bualn agustus tahun lalu dimana mereka berhasil dikalahkan oleh Italia pada pertandingan persahabatan. Jika dibanding dengan tiga tim lain di grup ini, Spanyol mungkin memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa mendapatkan satu tiket ke babak selanjutnya dari Grup-C Piala Eropa 2012.


Italia di Grup-C Piala Eropa 2012

Datang sebagai juara grup C pada babak penyisihan membuktikan bahwa juara dunia empat kali ini masih konsisten dengan kualitasnya sebagai juara dunia empat kali dan juara Eropa 1968. Kenangan pahit pada final Piala Eropa tahun 2000 mungkin masih membekas, namun Cesare Prandelli sebagai pelatih tim nasional Italia menegaskan bahwa timnya saat ini tengah berada pada kondisi siap dan fokus menghadapi turnamen ini. Dan kemenangan atas Spanyol pada pertandingan persahabatan pada agustus tahun lalu merupakan modal yang cukup baik untuk memulai persaingan di Grup-C Piala eropa 2012 ini.

Jika ada hal yang harus dikhawatirkan adalah hasil buruk yang mereka dapatkan saat mereka bertandang menghadapi Irlandia yang notabene akan menjadi salah satu kompetitor mereka di Grup-C Piala Eropa 2012, pada pertandingan itu Italia berhasil ditekuk Irlandia dengan skor 2-0. Dan juga mungkin peristiwa atau kasus pengaturan skor yang tengah diselidiki oleh pihak terkait di liga Italia, bisa memberikan dampak buruk pada mental para pemain Italia di Piala Eropa kali ini.


Namun jika kita telaah ketahun-tahun sebelumnya tepatnya pada tahun 2006, Italia saat itu pun tengah diguncang oleh kasus pengaturan skor yang dilakukan di Liga Italia. Dan istimewanya adalah justru pada tahun itu mereka berhasil menjadi juara dunia, dan bukan tidak mungkin juga bila hal itu akan terjadi pada Piala Eropa 2012. Mungkin saja bagi mereka kejadian yang tidak mengenakan ini akan mereka jadikan sebagai motivasi bagi permainan mereka, sehingga Italia pun bisa lolos ke babak selanjutnya dari Grup-C Piala Eropa 2012.

Irlandia/Republic of Ireland di Grup-C Piala Eropa 2012

Irlandia merupakan salah satu tim kuda hitam pada turnamen Piala Eropa 2012, PIala Eropa 2012 merupakan kali kedua mereka tampil di putaran final setelah sebelumnya pada tahun 1988 di Jerman. Dengan masih mengandalkan Robbie Keane dilini depan dan Shay Given dibawah mistar gawang, Irlandia tergabung di Grup-C Piala Eropa 2012. Dibawah kepemimpinan pelatih senior Giovanni Trapattoni Irlandia berniat membuat kejutan pada Piala Eropa 2012, dan kemenangan 2-0 atas Italia pada pertandingan persahabatan tahun lalu bisa mereka jadikan modal awal untuk memulai persaingan di Grup-C Piala Eropa 2012.


Kroasia di Grup-C Piala Eropa 2012

Kroasia hadir di Piala Eropa 2012 dengan mengandalkan para pemain muda dengan mentor sedikit pemain senior, selain itu mereka pun kini ditangani oleh mantan pemain bintang mereka yaitu Slaven Bilić. Kroasia selalu hadir menjadi salah satu tim kuda hitam disetiap turnamen, dan yang paling fenomenal adalah keberhasilan mereka menjadi semifinalis Piala Dunia pada tahun 1994. Memang kin para pemain yang pada Piala Dunia 1994 sudah tidak lagi memperkuat tim nasional mereka, namun salah satu bintang mereka kini menjadi pelatih tim ini.

Sebagai tim kuda hitam Kroasia tidak bisa dipandang sebelah mata oleh tim-tim lain di Grup-C Piala Eropa 2012. Keberhasilan mereka menang atas Turki 0-3 pada play off yang memperebutkan tiket ke Piala Eropa 2012 di kandang Turki bukan sesuatu yang mudah, dan itu bisa mereka jadikan modal awal untuk bersaing dengan tim lain di Grup-C Piala Eropa 2012.

Jhekos Area
JHEKOS AREA Updated at: Selasa, Mei 29, 2012

Tidak ada komentar :

Posting Komentar