Senin, 25 Juni 2012

Tour de Padang II

Tour de Padang Day II - Bukit Tinggi to Padang

Oleh Jhekos

Tour de Padang hari kedua, setelah pada sore hari di hari pertama saya dan mas supir terlelap kecapean, dihari kedua ini saya berniat harus menyempatkan diri menyambangi Lobang Jepang dan Ngarai Sianok. Karena kami bertujuan untuk melanjutkan perjalanan kami ketujuan selanjutnya, kami pun check out terlebih dahulu dari hotel tempat kami menginap semalam. Hal ini agar kami tidak perlu repot-repot lagi beres-beres setelah dari Lobang Jepang dan Ngarai Sianok, jadi kami tinggal terus melanjutkan ke tujuan kami selanjutnya Lembah Anai dan kemudian Pantai Carolina dikota Padang.

Berbeda dengan keponakan saya, saat saya sampai di Lobang Jepang (Pukul 08.00) lampu didalam lobang/goa belum seluruhnya dinyalakan jadi saya hanya sempat menuruni 132 anak tangga didalam Lobang Jepang tanpa sempat mengambil gambar beberapa ruangan yang terdapat didasar Lobang Jepang tersebut. Meskipun begitu saya sempat mengambil gambar dengan latar pintu masuk ke Lobang Jepang tersebut.

Setelah sedikit puas naik turun di Lobang Jepang, kembali mata saya disuguhi karya yang Maha Kuasa yang sangat indah. Suasana pagi di Ngarai Sianok sungguh merupakan suatu pengalaman yang sangat luar biasa, gugusan ngarai berlatarkan Gunung Singgalang yang diselimuti kabut tipis membuat pagi ini serasa sangat istimewa. Puas berfoto di Ngarai Sianok kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata tujuan Tour de Padang hari kedua selanjutnya, Lembah Anai.

Berbekal peta buatan sendiri hasil edit Photoshop dari Google Maps, kami berangkat menuju Lembah Anai pukul 09.00. Perjalanan menuju Lembah Anai tidaklah kalah seru dibanding perjalanan menuju danau Singkarak pada hari sebelumnya, selepas kota Bukit Tinggi kami kembali disuguhi barisan bukit yang masih terselimuti kabut, namun kesejukannya jelas sangat terasa. Dalam perjalanan menuju Lembah Anai kami harus melalui jalan yang disebut dengan "Kelok 40", sesuai dengan namanya dijalan yang menurun ini banyak sekali belokan-belokan yang lumayan tajam, serunya lagi jalan ini seolah berada dihimpitan lembah dengan pohon-pohon tinggi disekitarnya.

Sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bukit Tinggi akhirnya kami sampai di Air terjun Lembah Anai, selain pemandangan yang menyegarkan kali ini kami pun bisa merasakan air yang sangat menyejukan dan menyegarkan dibawah Air Terjun Lembah Anai. Posisi Air terjun Lembah Anai terletak dipinggir jalan, bagi siapapun yang melakukan perjalanan Bukit Tinggi - Padang melalui Padang Panjang pasti akan melewati Air terjun ini, dan akan sangat rugi jika tidak berhenti sejenak dan merasakan kesegaran airnya.

Puas bermain air di Air Terjun Lembah anai, kami melanjutkan perjalanan kami 1 jam kemudian tepatnya pukul 10.30. Kami sebenarnya sedikit bingung untuk menentukan tujuan kami selanjutnya, antara Pantai Air Manis atau Pantai Carolina karena jika kami memutuskan untuk mengunjungi kedua pantai tersebut pasti waktu bersantai dan bersenang-senang dipantai pasti akan sedikit, mengingat jarak diantara kedua pantai tersebut lumayan jauh (sekitar 3-4 jam perjalanan dengan mobil). Sambil berdiskusi menentukan tujuan selanjutnya kami pun beristirahat untuk makan siang dipinggir Pantai Padang, setelah berdiskusi kami pun menentukan tujuan kami selanjutnya adalah Pantai Carolina, kami pun melanjutkan perjalanan tepat pukul 11.30.

Kembali dengan mengandalkan peta buatan sendiri dan tanya kanan kiri, akhirnya kami sampai di Pantai Carolina di daerah Bungus tepat pukul 14.00. Di Pantai Carolina terdapat Cottage untuk kita bermalam, dan posisinya tepat dipinggir pantai. Tanpa berpikir panjang kami lalu memesan 3 kamar dan segera bersiap bersenang-senang di Pantai Carolina. Oh iya, salah satu alasan kami memilih Pantai Carolina dibanding Pantai Air Manis adalah faktor kebersihan, setelah membaca referensi dari beberapa teman Blogger yang menyatakan bahwa pantai Carolina lebihi bersih dibanding Pantai Air Manis.

Pantai Carolina memang terbilang bersih dan sangat nyaman sekali untuk dipakai bersantai atau berlibur bersama keluarga, hanya saja cottage nya butuh sedikit perbaikan dari segi pelayanan dan fasilitas. Namun yang jelas kami sekeluarga sangat menikmati suasana dipantai Carolina, bahkan suasana pantai yang cukup romantis pada malam hari akan sangat berguna bagi anda dan pasangan anda. Dan menghabiskan malam dipantai dengan suasana seperti ini jelas berlaku dan wajib bagi saya dan mantan pacar saya yang kini jadi istri saya... :)